Jumat, 09 Januari 2015

Aku, Tuhan dan Pandangan Hidup

Aku,Tuhan dan Nilai Kehidupan

            Manusia adalah makhluk yang diciptakan tuhan paling sepurna dari makhluk yang lain. Manusia diberikan anugrah oleh tuhan berupa akal,pikiran,hati dan masih banyak lain. Manusia diciptakan tuhan ada banyak karakter dan sifat yang dimiliki manusia, sejatinya manusia adalah makhluk titipan terindah yang diberikan oleh Allah SWT. Tanpa kita sadari, manusia juga merupakan makhluk hidup yang paling buruk. Hal ini lah yang menyebabkan pandangan hidup yang berbeda-beda pada setiap manusia.
            Pandangan Hidup adalah sikap manusia yang paling mendasar dalam menyikapi setiap hal yang terjadi dalam hidupnya, baik itu berupa masalah, tugas, tantangan dan segala yang dilakukannya manusia pasti mempunyai pandangannya masing – masing. Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan, dan saya sebagai manusia yg beragama menyakini adanya tuhan, saya menyebutnya dengan nama Allah SWT, didalam agama saya yaitu Islam, sudah dijelaskan di al qur’an bahwa agama islam dibagi menjadi 73 golongan dari seluruh dunia.
            Agama merupakan peranan penting dalam kehidupan manusia. Dikehidupan ini juga banyak orang yang masih mempertanyakan adanya keberadaan Tuhan, jawabannya sangat mudah, yaitu IMAN, .karena iman adalah dasar dari segala sesuatu yang kita harapkan dan bukti dari segala sesuatu yang tidak kita lihat.sama halnya seperti rasa sakit, cinta, dan kasih, yang kita tidak dapat mengetahui seperti apa wujudnya, dan tidak dapat kita pikirkan dengan akal sehat tetapi kita mempercayai keberadaan hal tersebut.
            Tapi tanpa kita sadari,banyak orang yang mempunyai agama,tetapi tidak bias melaksanakan ibadah dari agama yang dianutnya. Diagama saya,al qur’an sudah menjelaskan bahwa setiap bertambahnya tahun dan semakin canggihnya alat” didunia ini, maka semakin rusaklah manusia. Terbukti, semakin maraknya tawuran,bahkan sudah merambah ke berbagai kalangan,dan yang paling parah,sudah banyak anak yang dibawah umur melakukan hubungan intim. Dan masih bnyak yang lebih parah.
           
            Pandangan   hidup  pada  dasarnya  mempunyai   unsur-unsur  yaitu  cita-cita,  kebajikan, usaha,  keyakinan/kepercayaan. Keempat unsur ini merupakan satu rangkaian kesatuan  yang tidak terpisahkan.  Cita – cita  ialah apa yang diinginkan  yang mungkin  dapat  dicapai  dengan usaha  atau perjuangan.  Tujuan  yang  hendak  dicapai  ialah kebajikan,  yaitu  segala  hal  yang baik yang membuat  manusia makmur, bahagia, damai, tentram. Usaha atau peIjuangan  adalah kerja keras yang dilandasi keyakinan/kepercayaan.  Keyakinan/kepercayaan diukur dengan kemampuan akal, kemampuan  jasmani,  dan kepercayaan  kepada  Tuhan.

Manusia pasti mempunyai cita-cita yang mereka angan-angan kan, manusia dapat meraih cita-citanya ditentukan dari kualitasnya,bukan hanya kualitas,perilaku itu juga penting. Ada orang yang tidak mau berkemauan, sehingga cita-cita nya hanya sebuah khayalan. Sebaliknya dengan orang yang berkemauan keras,pasti akan mendapatkan hasinya. Tetapi orang yang paling sukses adalah orang yang bias sukses dunia dan akhirat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar